Jane Birkin Meminta Hermes Untuk Mencabut Nama Birkin dari Tas Ikoniknya

Jane Birkin Meminta Hermes Untuk Mencabut Nama Birkin dari Tas Ikoniknya - Tas Birkin atau biasa disebut dengan Birkin Bag telah menjadi salah satu produk dari Hermes yang paling ikonik. Nama tas ini diambil dari seorang penyanyi dan ikon juga style yang berasa dari Inggris, Jane Birkin telah banyak diburu oleh para pencinta tas Hermes dan termasuk juga para selebriti. Walaupun harganya bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah, namun pembeli dari tas Birkin ternyata harus mengantre hingga berbulan-bulan untuk bisa memilikinya.

Jane Birkin

Sekarang, Hermes sedang terancam untuk mencopot nama 'Birkin' sebagai salah satu produk ikoniknya itu. Hal ini dikarenakan, Jane Birkin meminta agar namanya tidak dicantumkan lagi pada tas tersebut. Dalam pernyataan tertulisnya, Birkin telah mengatakan kepada AFP, bahwa "Telah diberitahukan adanya praktek yang kejam pada saat dilakukannya penjagalan buaya sebagai bahan membuat tas Hermes yang telah memakai nama saya... Saya juga telah meminta kepada Hermes untuk segera mencabut Birkin Croco sampai dengan diberlakukannya praktek yang beretika dan sesuai dengan norma-norma internasional yang ada."

Menanggapi laporan Birkin mengenai kekejaman binatang seperti yang dirilis PETA, Hermes akhirnya bergerak cepat untuk meresponnya. Kepada majalah People, brand dari Paris tersebut menyatakan, bahwa "Jane Birkin sudah mengungkapkan perhatiannya yang terkait kasus penjagalan buaya. Menurutnya ini tidak akan mempengaruhi persahabatan dan juga kepercayaan yang telah di jalani selama bertahun-tahun. Hermes sangat menghargai dan juga memahami perasaannya serta sangat terkejut dengan adanya gambar-gambar mengenai kekejaman terhadap buaya yang akhir-akhir ini beredar."

Pihak Hermes sendiri kembali melanjutkan apabila pihaknya kini sedang melakukan lagi proses investigasi pada peternakan di Texas, yang selama ini disebut-sebut di video tersebut. Apabila terbukti benar bahwa telah terjadi hal seperti yang telah dilaporkan, maka Hermes telah bersedia untuk memperbaiki lagi kebijakan perusahaan serta memberikan sanksi kepada pelakunya. Akan tetapi Hermes menyangkal apabila peternakan tersebut sebenarnya bukanlah milik mereka dan juga kulit buaya yang disuplai oleh peternakan itu juga tidak digunakan untuk membuat tas Birkin.

Para penggemar Birkin Bag sebagian besar adalah dari kalangan selebriti. Tidak jarang bahkan ada yang rela menunggu sampai dengan lebih dari satu tahun hanya untuk mendapatkannya, da juga ada yang sampai rela membayar uang di muka hingga sebesar Rp 2 miliar. Ashley Tisdale salah satunya, yang sampai harus menunggu selama dua tahun hanya untuk dapat menjinjing tas Birkin yang berwarna biru. Artis Jessica Simpson, Victoria Beckham, Kim Kardashian, sampai Jennifer Lopez pernah terlihat menjinjing tas Birkin ini untuk menunjang penampilan mereka.